Perhatikan Hal Ini Sebelum Menerapkan Baby Led Weaning

 



Lihat Hal Ini Sebelum Mengaplikasikan Baby Led Weaning Apa Bunda telah akrab dengan baby led weaning (BLW)? Cara ini pertama-tama dipopulerkan di Inggris serta sekarang banyak dilaksanakan di beberapa negara yang lain, termasuk juga Indonesia. Sebelum mengaplikasikan BLW, lihat terlebih dulu beberapa hal penting tentang cara itu.


Baby led weaning ialah cara mengenalkan makanan pendamping ASI (MPASI) dengan biarkan anak pilih serta mengonsumsi sendiri semua makanannya tanpa ada disuapi. Tipe makanan yang diberi pada cara ini bukanlah berbentuk makanan lunak seperti puree atau bubur, tetapi makanan berupa padat serta sudah dipotong-potong.


BLW bisa Bunda aplikasikan waktu Sang Kecil mencapai umur telah bisa konsumsi MPASI, yakni di umur 6–9 bulan.


Menimbang Kelebihan serta Kekurangan Baby Led Weaning Kemungkinan beberapa orang tua yang tidak mengetahui telah mengaplikasikan cara BLW pada anaknya. Ini umumnya berlangsung pada anak ke-2 atau setelah itu. Waktu lihat langkah makan kakaknya atau bagian keluarga yang lain, dia akan mengikuti serta coba ambil makanan dari piring lantas menyuapkan sendiri ke mulutnya.


Kemampuan Untuk Menang Judi Bola Mengaplikasikan cara BLW pada Sang Kecil rupanya dapat berefek baik buat tumbuh kembangnya, Bun. Di bawah ini ialah beberapa faedah yang dapat didapat Sang Kecil dari cara baby led weaning:


1. Menolong anak kenal rasa serta struktur makanan Dalam mengaplikasikan cara BLW, makanan diberikan berbentuk padat serta semakin besar. Ini akan membuat Sang Kecil dapat mengenal teksturnya sebab gampang dipegang. Disamping itu, langkah ini memperkenalkan Sang Kecil beberapa rasa, warna, serta aroma makanan yang dia mengonsumsi.


2. Memberikan dukungan perubahan motorik anak Mengaplikasikan cara BLW bisa memberikan dukungan perubahan motorik Sang Kecil, lho, Bun. Cara ini bisa jadi fasilitas Sang Kecil untuk melatih pengaturan mata serta tangan, dan ketrampilan kunyah serta memegang.


3. Membuat anak nikmati makanan yang dikonsumsi Mengajari Sang Kecil cara ini membuat dia bisa nikmati makanan yang dikonsumsi tanpa ada perlu diminta untuk buka mulut. Disamping itu, Sang Kecil jadi dapat diperkenalkan dengan beberapa tipe makanan.


4. Menahan obesitas di waktu kanak-kanak Satu studi memperlihatkan jika BLW akan membuat anak bertambah menyenangi serta pilih makanan yang bertambah sehat. Ini akan membuat perkembangan anak bertambah lebih maksimal serta terhindar dari obesitas di waktu beberapa anak.


Disamping itu, Sang Kecil dapat juga terlatih untuk stop makan waktu dia berasa kenyang atau mungkin tidak tertarik pada makanannya. Di masa datang, ini dapat menghindarkannya dari sikap makan terlalu berlebih.


Walau mempunyai faedah untuk perkembangan anak, BLW pun tidak lepas dari kekurangan. Beberapa kekurangan cara BLW yang penting Bunda kenali ialah:


Beresiko membuat anak terselak sebab ukuran struktur makanan yang beragam


Menyebabkan refleks muntah


Proses makan jadi amburadul


Beresiko mengakibatkan kekurangan nutrisi bila pilihan makanan terbatas atau anak benar-benar pemilih


Panduan Mengaplikasikan Cara Baby Led Weaning


Memberi makan anak dengan cara BLW jangan asal-asalan, Bun. Agar Sang Kecil dapat memperoleh faedah dari mengaplikasikan cara ini, di bawah ini panduan yang dapat Bunda kerjakan:


1. Tekankan anak siap untuk makan sendiri Sebelum mengaplikasikan cara BLW pada Sang Kecil, tekankan dia telah dapat duduk di bangku, menegakkan dada serta kepala, ambil makanan sendiri, dan telah dapat untuk kunyah serta menggigit makanan.


2. Mulai dengan makanan lunak


Kenalkan tipe makanan yang empuk terlebih dulu pada step awal cara ini dilaksanakan, contohnya buah potong, kuning telur, ikan yang dipotong kecil-kecil, daging suwir yang empuk, sereal, pasta, serta sayuran kukus. Ini akan mempermudah Sang Kecil kunyah serta menelan makanan.


Jauhi memberi makanan yang beresiko mengakibatkan anak terselak, contohnya buah atau sayur yang keras, popcorn, kacang, anggur utuh, kismis, serta potongan sosis atau daging yang lebar.


3. Cocokkan ukuran makanan Tekankan Bunda menyediakan makanan yang sesuai pegangan Sang Kecil, ya. Beri makanan yang telah dipotong memanjang atau biasa disebutkan finger food, hingga Sang Kecil dapat memegang serta memasukannya ke mulut dengan gampang.


4. Beri makanan yang bergizi Bukan hanya memerhatikan struktur serta ukuran, muatan gizi pada makanan yang beri untuk Sang Kecil jangan lepas dari perhatian, ya, Bun. Tekankan Bunda memberi makanan sehat yang memiliki nutrisi tinggi agar tumbuh kembangnya masih maksimal dan ketahanan badannya masih baik.


Beri juga macam makanan yang banyak untuk hindari efek kekurangan nutrisi bila dia condong memilih-milih makanannya. Disamping itu, jauhi memberi makanan dengan penambahan zat pewarna, makanan tinggi gula serta garam, serta makanan cepat saji.


5. Masih teratur beri ASI Walau dapat makan dengan BLW, pemberian ASI atau susu formula tetap harus diteruskan. Faktanya, sumber gizi paling besar untuk anak berumur 10–12 bulan berasal disini. Pemberian ASI dapat dilaksanakan di celah waktu makan.


Waktu mengaplikasikan cara baby led weaning pada Sang Kecil, diamkan dia duduk di bangku makan spesial untuk bayi supaya terlatih makan pada tempatnya. Disamping itu, penting selalu untuk memantau Sang Kecil semasa makan untuk menahan beberapa hal yang tidak diharapkan.


Mengaplikasikan cara BLW dapat bawa faedah. Tetapi ingat, tidak semua anak dapat pas dengan langkah ini. Anak-anak bisa bertambah rawan alami kekurangan gizi serta terselak dengan cara ini, ditambah lagi jika anak berkebutuhan spesial atau lahir prematur.


Oleh karenanya, jangan sangsi untuk diskusi sama dokter tentang bisa tidaknya baby led weaning diaplikasikan, ya, Bun. Bila bisa, tanyakanlah langkah mengaplikasikan cara BLW yang aman serta sesuai situasi kesehatan Sang Kecil.

Diberdayakan oleh Blogger.