8 Pilihan Finger Food untuk Bayi

 



Finger food ialah makanan yang gampang digigit, dikunyah, serta digenggam sendiri oleh bayi. Finger food bisa diberi untuk mengenalkan makanan spesifik pada Sang Kecil.


Bayi umur 8-9 bulan umumnya siap untuk makan sendiri. Dengan memberinya finger food, Bunda dapat melatih Sang Kecil untuk makan tanpa ada disuapi, sekaligus juga melatih ketrampilan motorik halusnya, dan kekuatannya untuk menggigit serta kunyah makanan.


Bermacam Makanan Finger Food untuk Bayi Apa Bunda masih bimbang dengan pilihan makanan untuk bikin finger food? Yuk, baca beberapa macam makanan yang dapat Bunda buat jadi finger food untuk Sang Kecil:


Kemampuan Untuk Menang Judi Bola 1. Sayuran rebus Untuk permulaan, Bunda dapat memberinya sayuran, seperti kentang, wortel, kembang kol, brokoli, atau ubi manis. Tetapi sebelum memberinya, kukus atau panggang dahulu sayuran itu sampai lunak.


Kemudian, potong kecil-kecil hingga bisa dipegang Sang Kecil. Kecuali sehatkan, sayuran rebus memberi banyak nutrisi yang bagus untuk perubahan bayi.


2. Buah potong Kecuali sayuran rebus, makanan yang lain dapat Bunda buat jadi cemilan untuk Sang Kecil ialah buah. Pisang, alpukat, mangga, blewah, pir, serta semangka adalah beberapa buah-buahan yang dapat Bunda sediakan untuk finger food. Disamping itu, buah kering dapat juga diberi untuk cemilan atau finger food penambahan untuk Sang Kecil.


Sebelum memberinya pada Sang Kecil, tekankan buah-buahan itu telah dipotong kecil-kecil serta dibikin bersih dari kulit dan bijinya.


3. Pasta Walau di Indonesia pasta masih cukup jarang-jarang dibuat cemilan untuk bayi, makanan ini sebetulnya dapat dibuat pilihan untuk finger food. Beri Sang Kecil pasta yang telah di rebus sampai betul-betul masak.


Tipe pasta yang dapat dikasih ke bayi ialah fusili atau pasta yang sudah dipotong-potong kecil.


4. Sereal Bunda dapat juga memberi sereal untuk cemilan finger food untuk Sang Kecil. Beri sereal yang gampang digenggam olehnya serta pilih yang rendah gula dan tanpa ada penambahan zat pewarna.


5. Roti panggang Roti panggang dapat jadi menu finger food buat bayi waktu umurnya telah mulai besar. Potong roti panggang kecil-kecil, supaya Sang Kecil dapat memegangnya dengan gampang.


6. Telur Telur ialah makanan yang kaya protein, kolin, vitamin B2, B12, serta folat yang bagus untuk perubahan bayi. Tetapi sebelum memberi telur pada Sang Kecil, tekankan telurnya telah dibuat sampai betul-betul masak. Masalahnya telur 1/2 masak atau mentah mungkin memiliki kandungan bakteri Salmonella yang bisa mengakibatkan bayi keracunan.


7. Keju Keju memiliki kandungan kalsium yang bagus untuk memberikan dukungan perkembangan tulang bayi. Oleh karenanya, memberi keju untuk makanan pendamping ASI (MPASI) pada tahun pertama kalinya adalah hal yang pas. Pililah keju yang mempunyai struktur lembut, tidak bau, serta tidak lengket.


8. Daging Daging adalah sumber zat besi yang bagus untuk perkembangan. Bunda dianjurkan memberi daging waktu Sang Kecil bisa dikenalkan makanan pendamping ASI (MPASI). Sebelum dikasih ke Sang Kecil, tekankan daging telah dibuat sampai empuk serta disuwir supaya bertambah gampang dikunyah.


Setaip kali akan memberi finger food pada Sang Kecil, Bunda perlu mencicipinya dahulu untuk pastikan makanan itu gampang digigit, potongannya cocok, lembut, serta lumer di mulut.


Mengenalkan finger food pada bayi semenjak awal adalah hal yang perlu. Namun, Bunda tetap harus siaga pada peluang Sang Kecil terselak waktu mengkonsumsinya. Jadi, tetap pantau serta dampingi Sang Kecil saat konsumsi finger food ya, Bun.

Diberdayakan oleh Blogger.